Sabtu, 20 Juli 2013

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS)

Sistem informasi manajemen puskesmas (SIMPUS) terdiri dari input, proses, dan output. Input merupakan masukan yang bersumber dari registrasi pasien setiap harinya. Kemudian hasil pendataan dari registrasi pasien tersebut diproses oleh petugas pencatatan dan pelaporan agar lebih terperinci. Setelah semua data tersebut diolah akan menghasilkan sebuah laporan baik laporan mingguan, bulanan dan direkap kembai menjadi laporan tahunan. Laporan tersebut dikirim dan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Surakarta sesuai tanggal yang telah ditentukan. Salah satu hasil pelaporan dari simpus antara lain :
a.    Laporan Penyakit Berpotensi Wabah (Early Warning And Respon System)
laporan penyakit yang berpotensi wabah didapat dari survelence puskesmas maupun survelence masyarakat. Laporan ini dlaporkan setiap minggunya. data dari pustu, puskesmas induk dan masyarakat direkap pada hari sabtu. Senin paginya laporan dikirim ke Dinas Kesehatan Kota melalui SMS dan tertulis. Dinas Kesehatan Kota mengirim laporan ke Dinas kesehatan tingkat provinsi pada senin sorenya. Kemudian laporan dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi pada hari selasa paginya.
b.    Laporan Kejadian Luar Biasa
Pelaporan kejadian luar biasa atau  termasuk keracunan dan bencana yang dilaporkan 24 jam. Informasi yang dicangkup yaitu kejadian, tempat, jumlah penderita, jenis penyakit, dan tindakan yang diambil, sumber data laporan 24 jam, dan fungsinya bahan untuk permintaan bantuan sesegera mungkin
Hasil dari inputan data pasien kunjungan, diagnosa, dan tindakan diproses untuk menghasilkan 10 besar penyakit yang tertampung di puskesmas. Simpus dimulai dari input, proses dan output. Inputan simpus berupa:
1.      Registrasi harian
2.      Penerimaan obat
3.      Permintaan obat
4.      Stok obat bulanan
      Hasil dari inputan tersebut diproses dan menghasilkan output berupa laporan sebagai berikut :
1.      Query register pasien
2.      Query penyakit
3.      Query obat
4.      Rekap pasien
5.      Rekap kunjungan
6.      Laporan kunjungan detail
7.      Rekap penyakit
8.      Rekap obat
9.      Pemakaian obat
10.  Lembar input resep
11.  Rekap rujukan
12.  Lb-1
13.  Data kesakitan (Lb 1)
14.  10 besar penyakit pasien per jenis pasien
15.  LPLPO
16.  Rekap rawat jalan per jenis pasien
17.  Data kesakitan tahunan
18.  Query pemakaian obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar