Alur dan Prosedur Rekam Medis Puskesmas
Dalam unit rekam
medis ada beberapa proses untuk melancarkan pelayanan terhadap kunjungan pasien
maka diperlukan alur dan prosedur yang tetap, baik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan
maupun sekedar mendapat keterangan kasus. Berikut ini alur dan prosedur rekam
medis, yaitu:
1.
Saat pasien datang,
petugas pendaftaran harus memastikan terlebih dahulu apakah pasien sudah pernah
datang berobat atau belum.
2.
Apabila pasien sudah
pernah datang berobat, pasien tersebut diminta menunjukan Kartu Identitas
Berobat (KIB). Kemudia catat nomor rekam medis (No. RM) di tracer untuk mencari
dokumen rekam medis di filling.
3.
Untuk pasien yang tidak
membawa KIB tetapi pernah berobat maka ditanya nama, alamat, untuk mencari
No. Rmnya di komputer. Apabila sudah ketemu dicari dokumen RekamMedisnya di bagian
filling.
4.
Apabila pasien belum
pernah berobat maka dibuatkan Kartu Identitas Berobat (KIB) dan Kartu Index
Utama Pasien (KIUP) baru kemudian dicatat di dalam buku.
5.
Menyerahkan KIB kepada
pasien dengan memberikan saran bahwa KIB (kartu berobat) harus dibawah setiap
kali datang berobat.
6.
Setelah petugas
mengetahui poli mana yang akan dituju, pasien dipersilahkan membayar jasa
pelayanan di kasir dan menunggu panggilan di poli yang mereka maksud.
7.
Menerima Dokumen Rekam
Medis (DRM) lama dari filling dengan menggunakan buku ekspedisi.
8.
Mendistribusikan DRM
sesuai unit rawat jalan yang sesuai dengan tujuan pasien berobat oleh petugas
dengan menggunakan buku ekspedisi.
9.
Identitas pasien
dicatat dalam
buku register Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) untuk keperluan
pengecekan jumlah pasien yang terdaftar di TPPRJ setiap harinya.
10. Menyimpan
KIUP dengan rapi sesuai dengan abjad.
11. Melayani
pendaftaran pasien peserta ASKES dengan menggunakan sistem yang telah
ditetepkan oleh pihak perusahaan ASKES dimana sistem dan prosedur mengikuti
ketentuan perusahaan.
12. Mencocokan
jumlah pasien dengan jumlah penerimaan pembayaran bersama-sama kasir dengan menggunakan buku register
pendaftaran rawat
jalan.
13. Membuat
laporan harian yang berisi berbagai informasi yang dihasilkan di tempat
pelayanan tersebut.
terimakasi gan infonya :-)
BalasHapus